Jumat, 27 Desember 2013

Pendakian Gunung Slamet

Hai hai.. :D
Lama nih nggak bikin postingan, sebenernya dari kemaren-kemaren banyak cerita sih yang pengen aku posting di blog, tapi entahlah, karena nggak langsung dieksekusi yang ada tuh cerita udah basi aja, haha

Dan yap, kali ini aku punya cerita seru yang pengen aku bagi.
Apa coba?
Dari judulnya aja udah ketahuan sih ya.. :D
Yuhuuuuu.. aku mau cerita tentang pendakian gunung slamet.
Asaaa.. ini adalah kali pertama aku manjat gunung, mau tau apa aja yang aku rasain?
Mau tau nggak?
Mau deh ya, halah, haha

Jadi begini ceritanya *benerin posisi duduk dan ambil cemilan* 
Kemaren tanggal 24 Desember 2013 aku dan temen-temen pada manjat gunung nih.
Ini acara udah direncanain sekitar 2 ato 3 bulan yang lalu kalo nggak salah, lupa, hehe
Awal rencana sih harusnya ada 2 kelompok yang total jumlahnya ada 17 orang, tp berhubung akhir-akhir ini lagi sering ujan, alhasil cuman tersisa 6 orang aja, haha, tragis.
Tapi it's oke, berhubung udah disiapin segala macemnya, kami berenam memutuskan untuk tetep naik.
Cuuuuss.. berangkatlah ke pratin (kalo nggak salah), kita naik lewat Purbalingga.
Belom juga sampe pintu gerbang pendakian, kita sudah disambut oleh hujan, hiks
Yaaa,, mau nggak mau deh kita ujan-ujanan, eh nggak ujan-ujanan sih, kita kan pake mantel, haha


Start dari pintu gerbang jam 10.30 dengan diiringi ujan yang bikin suasana makin melow dan medayu-dayu *apaan* haha
Kata mas Jati sih di gunung Slamet ini ada 9 pos yang harus dilalui biar bisa sampe di puncak.

9 pos? oke, siapa takut.
Awalnya udah keren gitu coba, siapa takut, haha
Tapi pas mulai jalan menuju pos 1, subhanallah, ini apaaaaa?
Gilaaaaa.. jauhnya bukan main mamen, udah cape tapi nggak keliahan juga tuh batang idung pos 1..
Pertanyaan yang mulai terlontar dan asli ini bikin bosen, gue sendiri aja bosen nanyanya, apalagi yang jawab, haha
"Pos 1 mana? Masih jauh? Ini masih manjat lagi?"
Dan si bos Jati akan dengan santainya menjawab, "bentar lagi, tuh depan."
Asli, selama manjat yang ada gue kerjaannya di PHPin muluuu..




Alhasil setelah menempuh perjalanan 3 jam kita sampe juga di pos 1 jam 13.30.
3 jam coba, bagi pemula kaya gue pendakian ini benar-benar menguras tenaga dan hati, haha


Pemandangan di pos 1
Bisa dilihat kan, kabutnya tebel banget gitu coba.
Itu foto aku ambil pas baru sampe di pos 1.
Di pos 1 kita solat duhur dan sekalian jamak solat ashar, nggak usah tanya ada air apa kagak, nggak ada barang seember pun, kita pun akhirnya tayamum buat solat.
Kelar solat dan istirahat lanjut mendaki lagi.
Pos 2, pos 3 dan pos 4 kita lalui dengan penuh perjuangan.
Amat sangat banyak cerita antara pos 1 sampe pos 4, dan aku yakin butuh berpuluh-puluh lembar halaman kalo diceritain semua, haha

Intinya, jujur aku pengen nangis dan balik rumah terus minta dipeluk sama ibu.
Emaaaakkk aku pengen pulaaaannngg... 
Capenya luar biasa ya Allah, sampe merangkak pun aku lakuin biar ini badan nggak berhenti buat berpindah tempat.
Medan yang terus menanjak dan semakin curam tingkat kemiringannya.
Menanjak, licin, sempit, banyak akar pohon, aaahh pokoknya hal yang paling pengen cepet aku temuin adalah jalan lurus, bukan manjat, manjat dan manjat.
Dan, hal menakutkan bagi ku adalah saat kabut tebal mulai turun, ya Allah, serem banget diliatnya, kalo kabut mulai turun, pokoknya pengen meluk orang deh, asli bener-bener menakutkan.


Jam 20.30 kami akhirnya sampai juga di pos 5.
Sesuai rencana, di pos 5 ini kami bakal nge-camp.
Sebelumnya pas di pos 4 kita ketemu rombongan asal Pemalang yang ngasih tau kalo mau nge-camp jangan di pos 5 deh, banyak babi hutan soalnya.
Tapiiii, berhubung badan kami bener-bener butuh istirahat, kita tetep nge-camp di pos 5.
Soalnya di pos 5 banyak orang juga, pendaki rata-rata bikin camp ya di pos 5 ini.
Dan yap, bener aja, baru sampe di pos 5, Unni AlviTini dan mba Nurul liat 2 babi hutan lagi nyuri makanan.
Aku sih sama sekali nggak liat, haha
Alhamdulillah kami dapet tempat di dalem bedeng, setidaknya kita nggak bakal berasa dingin dan bebas dari babi kalo bikin tenda di dalem bedeng.
Setelah selesai semua, ganti baju, solat dan segala macemnya kita pun berniat tidur.
Tapi ternyata, ya Allah, dinginnya bukan maiiiiiinn.
Tuh yang namanya tanah udah berasa tumpukan balok es.
Terpal tendan, baju 2 lapis dan jaket, ketambahan baju kotor dijadiin alas tidur tetep aja nggak ngaruh, dinginya ya Allah, bener-bener menusuk tulang.
Dingin yang bener-bener dingin yang pernah aku rasain.
Apa yang pengen aku lakuin saat itu?
Pengen NANGIS dan PULANG !!
Cuman itu yang aku pengen saat itu.
Sumpaaaahh, aku sampe nggak bisa tidur barang semenit pun.
Mengigil bukan main, sampe dipeluk saking kencengnya sama Unni Alvi tetep aja nggak mengurangi rasa dingin.


Jarum jam di tangan terus berputar dengan setianya.
Sekitar jam 00.00 badai pun datang, ngeri banget ya Allah suara anginya.
Makin pengen nangis, ini udah jauh-jauh kesini dan ada badai pula, apa kabar pendakian ke pos 6 sampe pos 9?
Badai reda, dan giliran babi hutan masuk ke bedeng.
Komplit sudah, tuh babi ngendus-ngendus disekitar tendaku dan tendanya jati.
Ya Allah, suara babinya keras banget, sumpah ngeri.
Sekitar jam 02.00 kita putuskan lanjut mendaki ke puncak, cuaca cerah, lampu-lampu kota terlihat begitu indah dari pos 5.
Oke pendakian dimulai lagi.
Apa kabar badanku?
Masuk angin mamen.
Tiduran di tanah yang berasa tumpukan balok es, ditambah perut kosong dan mata nggak bisa merem, sempurna sudah.
Dan yap, diperjalanan ane bener-bener pengen pingsan rasanya.
Disuruh minum obat dan ditempelin koyo.
Baikan? Nggak, yang ada aku muntah dan kepala pusing.
Tapi berhubung keinginan ke puncak untuk liat sunrise begitu besar, badan gimana pun rasanya tetep aku paksain.
Jam 04.30 alhamdulillah kami sampai di pos 9.
Kita istirahat dan solat subuh di pos 9.
Aku bahkan sempet tidur di pos 9, ngantuknya bukan main.


Beberapa menit sebelum sunrise muncul, ternyata hujan terlebih dulu turun.
Asli.. antara bingung, sedih dan galau kumpul jadi satu.
Ini apa maksudnya?
Tadi di bawah cerah loh ya pas di pos 5 sampe pos 8, ini kenapa udah hampir finish gini malah kabut, angin dan ujan yang dateng.
Huaaaaa... aturan tinggal nunggu beberapa menit matahari harusnya udah mulai terbit.. 
Awalnya kita tetep mau nunggu ujan reda, kali aja cuman numpang lewat aja ujannya, eh udah beberapa menit berlalu ujan dan angin yang ada malah tambah gede.
Dan kalo mau ke puncak masih perlu waktu sekitar 2 jam.
Ya Allah, 2 jam? dengan medan yang semakin ekstrim?
Mulai pos 8 medan ke puncak semakin menakutkan, udah nggak ada pohon gede buat pegangan, kemiringan makin gila aja, dan tanah udah bukan tanah lagi, yang ada adalah semacem batu kerikil yang kalo diinjak aja tuh batu pada longsong kebawah.
Gila, takutnya bukan main, apa kabar keselamatan kami nanti, ditambah angin yang makin gede, dan kabut yang makin tebal.


Bagaimana kelanjutan kisah pendakian kami, kita lanjutkan di part 2 ya, haha
Di part 2 nanti aku bakal cerita proses turun dan aplot beberapa foto juga.. :D





@wiwi_khaylila

0 komentar:

Posting Komentar



Diberdayakan oleh Blogger.

© wiwi's blog, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena | Modify by Wiwi Khaylila